Senin, 10 April 2017

Auxiliary Power Unit (APU)

  Auxiliary Power Unit  (APU)

   Pernahkah kalian perhatikan pada bagian paling belakang dari pesawat besar??? tepatnya dibawah rudder? Terlihat sebuah nozzle atau exhaust lagi. Dan tahukah anda berasal dari manakah nozzle itu??






Ini dia nih wujudnya bila di keluarkan dari rumahnya :v
Yuk kita mengenal lebih dalam lagi siapa diaa.....



Auxiliary Power Unit (APU) adalah sebuah perangkat pada kendaraan yang menyediakan energi untuk fungsi lain selain propulsi. Mereka biasanya ditemukan pada pesawat besar.

Fungsi Utama



     Tujuan utama dari APU yang terdapat pada pesawat adalah untuk memberikan kekuatan pada saat memulai mesin utama. Turbin mesin harus dipercepat untuk kecepatan rotasi tinggi untuk memberikan kompresi udara yang cukup untuk membuat mesin dapat beroperasi secara mandiri. Mesin jet yang lebih kecil biasanya dimulai oleh sebuah motor listrik, sedangkan mesin yang lebih besar biasanya dimulai oleh sebuah motor turbin udara. Sebelum mesin dihidupkan, APU dihidupkan, umumnya oleh baterai atau hidraulik akumulator. Setelah APU berjalan, ia menyediakan tenaga (listrik, pneumatic, atau hidraulik, tergantung pada desain) untuk memulai mesin utama pesawat.

APU juga digunakan untuk menjalankan aksesoris pesawat lainnya saat mesin pesawat dimatikan. Hal ini memungkinkan kabin pesawat menjadi nyaman bagi penumpang, sebelum mesin pesawat dihidupkan. Daya listrik digunakan untuk menjalankan sistem untuk preflight checks. Beberapa APU juga dihubungkan ke pompa hidraulik, yang memungkinkan kru untuk mengoperasikan peralatan hidraulik (seperti flight controls atau flap) sebelum memulai mesin propeler/turbin jet engine.



APU sections

Biasanya APU untuk mesin gas turbine mempunya 3 bagian utama :

  1. Power Section, section ini berisi generator mesin turbine yang menghasilkan tenaga shaft kepada APU.
  2. Load Compressor Section, bagian ini berisi shaft compressor yang terpasang yang berguna untuk mengahasilkan tenaga pneumatik untuk pesawat. 
  3. Gearbox Section, gearbox berfungsi untuk menstransfer tenaga dari engine main shaft ke oil-colled generator untuk mendapatkan tenaga listrik. Didalam gearbox, tenaga juga ditransfer ke engien accessories seperti fuel control unit, lubrication module, dan cooling fan. Untuk tambahan, di gearbox juga ada starter motor yang dihubungkan melalui gear train untuk menggerakan fungsi starting pada APU.
Nah, sudah cukup kenal kan dengan teman kita yang 1 ini? APU?
 APU ini digunakan pada saat semua mesin dalam keadaan mati. Normalnya, APU baru akan digunakan pada saat pesawat ingin disiapkan untuk terbang oleh teknisi maupun penerbangnya. APU baru akan dimatikan saat engine sudah menyala. Sekian sampai jumpa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Auxiliary Power Unit (APU)

  Auxiliary Power Unit  (APU)    Pernahkah kalian perhatikan pada bagian paling belakang dari pesawat besar??? tepatnya dibawah rudder? Te...